Berita

KPU Kota Solok Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Pilkada 2015

2015-06-12 03:11:42
KPU Kota Solok Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Pilkada 2015
Suasana Penyuluhan dan Sosialisasi Pilkada Tahun 2015 Kota Solok, Sumatera Barat, Selasa (9/6).

Solok, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok yang difasilitasi Kantor Kesbangpol Kota Solok menggelar sosialisasi dan penyuluhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, Selasa (9/6) bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Solok, Sekda Kota Solok, Kabag. Ops Polres Solok Kota, Kepala Kantor Kesbangpol beserta jajaran, Ketua KPU Kota Solok, Div. Teknis KPU Kota Solok, Ketua dan anggota Panwas Kota Solok, ketua RT/RW, LPMK, Bundo Kanduang, ketua pemuda, PPK, PPS, serta tokoh masyarakat Kota Solok yang berjumlah 750 orang.

Drs. Asril, MM Kepala Kantor Kesbangpol dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat Kota Solok dalam menyongsong pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solok tanggal 9 Desember 2015. Dengan pemahaman regulasi dan aturan yang tersedia, masyarakat diharapkan dapat mengawal setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2015.

Dalam sambutannya Walikota Solok H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, MM menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kota Solok memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada tahun 2015. Pilkada 2015 diharapkan dapat dilaksanakan secara "badunsanak", dan secara bersama-sama masyarakat diajak untuk dapat menciptakan suasana aman, nyaman, dan kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada 2015.

Sementara itu Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa dalam paparan materinya mengajak jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat memberikan layanan informasi dan pendidikan politik kepada masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada 2015. Tahapan yang akan dihadapi dalam waktu dekat adalah pemutakhiran data dan daftar pemilih.

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) telah diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI kepada Ketua KPU RI tanggal 3 Juni 2015. Selanjutnya KPU Kab./Kota, PPK, dan PPS akan mulai bekerja untuk membentuk Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) yang akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di lapangan.

Selanjutnya KPU Kota Solok tanggal 11--15 Juni 2015 akan menerima penyampaian dukungan calon perseorangan yang akan ikut dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solok tahun 2015. KPU Kota Solok juga membuka layanan konsultasi dalam rangka pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Solok. "Pilkada serentak 2015 akan menjadi sejarah baru dalam melahirkan pemimpin Kota Solok untuk 5 tahun mendatang," ungkap Budi Santoso.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solok Arif Santoso memaparkan tentang pengawasan pemilu berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nomor 2 Tahun 2015. Saat ini Panwas Kota Solok sedang menyiapkan pembentukan Panwas Kecamatan, Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan selanjutnya akan membentuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Panwas pada masing-masing tingkatan akan melaksanakan pengawasan sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Panwas akan melaksanakan pengawasan pada setiap pelaksanaan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pilkada yang telah ditetapkan oleh KPU. (Humas/KPU Kota Solok)

Berita Lainnya

Komentar