Berita

KPU Kota Solok Rakor Bersama DPRD Bahas Persiapan Pilkada 20

2015-06-12 03:16:57
KPU Kota Solok Rakor Bersama DPRD Bahas Persiapan Pilkada 20
KPU Kota Solok menggelar rapat koordinasi bersama DPRD.

Solok, kpu.go.id - Rabu (21/1), KPU Kota Solok menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Solok dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2015. Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kota Solok, Budi Santosa, yang didampingi para Anggota KPU Asraf Danil Handhika, Ilham Eka Putra, dan Jonnedi, Sekretaris KPU Kota Solok, Alizar, dan Kasubag. Teknis KPU Kota Solok, Edi Erawadi. Sementara dari DPRD Kota Solok hadir Ketua DPRD Kota Solok, Yutriscan dan Anggota DPRD Kota Solok Nasril In Malintang, Hj. Nurnisma, Herdiyulis, Irman Yefri, H. Dalius, Yosri Martin, Afdal Yandi, Happy Nursya, Amrinof Dias Dt. Ula Gadang, Hendra Saputra, Rusnaldi, Zulkarnaen, serta jajaran Sekretariat DPRD Kota Solok.

Dalam sambutan dan paparannya Budi Santosa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan penuh dari DPRD Kota Solok dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota Solok. DPRD Kota Solok telah mengesahkan anggaran untuk Pilkada 2015 sebesar 5 M untuk Putaran I, untuk tahap pertama dapat digunakan anggaran sebesar 3,65 M.

KPU Kota Solok juga telah siap untuk melaksanakan Pilkada 2015, sesuai dengan draf rancangan PKPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yaitu tanggal : 16 Desember 2015.

Tanggal tersebut bertepatan dengan HUT Kota Solok ke-45, dan akan menjadi sejarah pertama dan baru di Kota Solok.

Berdasarkan Pasal 167 ayat 2 (a) Perpu No. 1 tahun 2014, dinyatakan bahwa kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai 100.000 jiwa tidak memiliki wakil bupati/wakil walikota. Ini akan menjadi babak baru bagi Pemerintahan Kota Solok, dimana dengan jumlah penduduk sekitar 65 ribu jiwa Kota Solok dalam Pilkada 2015 hanya akan memiliki Walikota saja.

Dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2015 Kota Solok menjadi satu-satunya kota yang akan memilih walikota untuk periode 2015-2020. KPU Kota Solok berharap kepada para anggota DPRD Kota Solok yang merupakan representasi dari Partai Politik untuk menyiapkan mekanisme internal dalam penjaringan bakal calon (balon) Walikota Solok. Partai Politik agar lebih selektif dalam membidani lahirnya balon Walikota Solok, untuk diusulkan dalam tahapan uji publik.

Tim uji publik 5 orang terdiri dari : 2 orang dari akademisi, 2 orang dari unsur tokoh masyarakat, dan 1 orang dari KPU Kabupaten/Kota. Materi uji publik adalah pemaparan profil, visi dan misi, serta program balon, pendalaman mengenai integritas, pendalaman mengenai kompetensi, dan klarifikasi tanggapan dan masukan masyarakat.

Partai politik/gabungan parpol dalam mendaftarkan balon Walikota Solok harus memenuhi persyaratan memiliki 20% kursi di DPRD Kota Solok atau 25 % suara sah Pemilu tahun 2014. Calon dari perseorangan harus didukung oleh 6,5 % jumlah penduduk, yaitu sekitar 4.000 -- 4.500 dukungan foto copy KTP dan surat peryataan dukungan.

Dalam pertemuan itu, Ketua DPRD Kota Solok menyatakan siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2015 di Kota Solok. Keseriusan dukungan ini ditandai dengan alokasi anggaran yang telah disediakan oleh DPRD Kota Solok untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2015. DPRD Kota Solok berharap kepada KPU Kota Solok agar dapat menyampaikan sosialisasi yang maksimal dalam rangka persiapan Pilkada ini.

Harapan ini disampaikan juga oleh para anggota DPRD Kota Solok, Irman Yefri, Hendra Saputra dan Herdiyulis dari. DPRD Kota Solok mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Solok untuk berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Pilkada tahun 2015 di Kota Solok (bs/kpu-slk.)

Berita Lainnya

Komentar